I made this widget at MyFlashFetish.com.

Welcome in My Blog

Saya percaya, esok sudah g bisa mengubah apa yang berlaku hari ini, tetapi hari ini masih bisa mengubah apa yang akan terjadi besok. jadi lakukanlah perubahan hari ini juga!!!

Jumat, Juli 03, 2009

Analisis kerusakan lingkungan


Mengingat pentingnya lingkungan hidup untuk kelangsungan hidup manusia, maka untuk meninjau Masalah-masalah Lingkungan Hidup Serta Upaya-upaya mengatasinya akan dipaparkan dalam karya tulis ini. Meskipun kemajuan teknologi kita perlukan untuk mengatasi banyak masalah, termasuk masalah lingkungan, namun pengalaman menunjukan kemajuan teknologi dapat dan telah membawa dampak buruk bagi lingkungan hidup kita. Teknologi juga biasa diidentikan dengan pencemaran, tidak ada penemuan yang betul-betul sempurna tanpa membawa dampak negatife kepada manusia maupun lingkungan. Dengan adanya dampak negatife tersebut, haruslah kita waspada.


Pembangunan pada dasarnya adalah gangguan terhadap keseimbangan lingkungan, yaitu usaha sadar manusia untuk mengubah Keseimbangan lingkungan dari tingkat kualitas yang dianggap kurang baik kepada keseimbangan baru yang diangga lebih baik. Dalam usaha ini harus dijaga agar lingkungan tetap mampu untuk mendukung Tingkat hidup pada kualitas yang lebih baik tersebut ,yaitu dengan tetap menjaga mutu pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Masalah-masalah lingkungan hidup


Pada era global sekarang ini terdapat banyak sekali masalah-masalah lingkungan hidup yang semakin kompleks.kota Tarakan dengan luas wilayah sekitar 25.080 hektare dan dengan kawasan hutan lindung yang semula mempunyai luas sekitar 2.400 hektare namun yang sekarang ini tersisa hanya 20% dari jumlah semula (*Dinas lingkungan hidup,2003 ),juga menghadapi masalah-masalah lingkungan hidup yang walaupun tidak sekompleks masalah lingkungan hidup di kota besar namun cukup mengkhawatirkan dengan keadaan kota yang di kelilingi oleh laut. masalah tersebut antara lain :

1. Penambangan liar


Masalah penambangan liar dikota Tarakan kurang dapat di kontrol oleh instansi pemerintah daerah setempat. Masalah penambangan liar yang marak dikota kita ini bahkan sudah dijadikan mata pencaharian penduduk setempat. Dinas lingkungan hidip kota Tarakan mengklasifikasikan bahan galian menjadi tiga kelompok yaitu :

1. Bahan galian golongan A

Yaitu bahan galian yang dipergunakan untuk kebutuhan pital dan pertahanan keamanan, Contohnya: penggalian bahan-bahan nuklir.

2. Bahan galian golongan B

Yaitu bahan galian yang dipergunakan untuk kebutuhan orang banyak (hal layak ), Contohnya:Unsur-unsur logam sejenis besi,emas,perak,nikel,dan lain sebagainya.

3. Bahan galian golongan C

Yaitu bahan galian jenis batu-batuan dan selain batu-batuan lain, Contohnya: pasir dan kerikil

2.Kondisi akibat stimulasi (kenaikan erosi)

Masalah ini cendrung di akibatkan karna penebangan hutan secara liar dan pemangkasan (pengerokan) gunung yang kemudian dijadikan lahan pemukiman dan pembangunan gedung bertingkat, dan mengakibatkan punahnya fungsi gunung dan pepohonan disekitarnya sebagai penahan erosi.

3. Pencemaran

Pencemaran merupakan masalah lingkungan yang paling umum dan sudah merupakan masalah yang mendunia terutama di Negara-negara maju. Berikut macam pencemaran yang sering kita jumpai adalah Pencemaran sepanjang aliran sungai, Pencemaran udara

Dampak-dampak kerusakan lingkungan hidup

Dampak yang dirasakan atas kerusakan lingkungan hidup disekitar kita sangatlah besar baik dampak secara langsung maupun secara tidak langsung. Diantaranya dampak penambangan tanah liar didaerah AIR PORT yang hingga saat ini masih dirasakan oleh penduduk sekitar yaitu banjir dikala musim hujan dan debu dimusim panas, pengerokan gunung didaerah persemaian yng kemudian dijadikan kawasan perumahan telah membawa dampak bangunan ditepi gunung tenggelam bersama pasir akibat pengikisan dan banjir pada saat hujan.

Naiknya kadar CO2 ditmosfer membawa dampak naiknya suhu atmosfer , naiknya permukaan air laut dan akan mengubah iklim global. Terjadinya hujan asam kematian hutan yang luas di amerika utara dan eropa akibt pencemrn SO2 &NOx.

Pertumbuhan penduduk mengakibatkan bertambahnya limbah domestik ,dan selanjutnya menyebabkan terjadinya eutrofikasi yang mendorong terjadinya pertumbuhan massal mikrofia(misalnya: enceng gondok dan kayumbang).dampak kondisi akibat stimulasi memberi dampak membahayakan Tebing dn bangunn ditepinya.penurunan salinitas, kenaikan frekuensi, akibat banjir, kenaikn erosi lapisan, penurunan penggelontaran zat pencemar dan penurunan DO membawa dampak membahayakan pembangunn di dartn banjir.erosi gen diperkirakan membawa dampak punahnya jenis hewan dan tumbuhan.

Upaya-upaya pencegahn dan pennggulangan dampak keruskan lingkungan hidup

  1. Memberlakukan status hutan lindung kota untuk melindungi hutan lindung kota yang masih belum mengalami kerusakan sehingga tidak terjamah oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab.
  2. melalui upaya program-program dan pemberian tanda jasa bagi siapa saja yang berhasi menjaga lingkungan.program-program tersebut misalnya:program kali bersih yang dilakukan memisahkan samph kering dan sampah basah,instalasi pembuangan limbah yaitu dengan mengecek kandungn limbah yang ada,pembuatan sattiteng agar kotoran tidak mencemari air,pengeluaran SK untuk penanaman pohon kehidupan.
  3. Melalui ajakan misalnya melalui artikel dikoran, majalah, tabloid,dan pemantauan dilapangan
  4. Penerbitan surat izin membangun. AMDAL,RKL, RPL
  5. Memberikan tempat khusus bagi warga yang bermata pencaharian sebagi penambang(daerah khusus untuk menambang).

Namun dalam menjalankan upaya-upaya diatas terdapat banyak sekali kendala, misalnya:

1. Masalah pengawasan terhadap penambang liar yang kurang dapat dikontrol.

2. Kurangnya dana dalam penjalanan oprasi

3. Kurang maksimalnya kerjasama dengan instansi lain misalnya dinas tata kota

4. Kurangnya lahan untuk dijadikan tempat program penanaman pohon kehidupan

5. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk memelihara lingkungan hidupnya.

Diharapkan bisa memberikan informasi kepada para pembaca tentang masalah-masalah lingkungan hidup baik didunia,maupun dinegara Indonesia khususnya lagi kota tercinta kita Tarakan.Mudah-mudahan kedepanya kita bisa meningkatkan upaya pemulihan lingkungan dan meminimalisasikan eksploitasi yang berlebihan terhadap lingkungan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silajkan Isi Komentarnya y...
klo bisa bahasanya Yang Sopan y,...
Biar kita-kita Enak gt bacanya....
Makasih....


I made this widget at MyFlashFetish.com.

World Clock